Sebelum anda membuat template blog, alangkah baiknya kita mengenal apa saja bagian dan tata letak sebuah blog terlebih dahulu.

Blog biasanya memiliki 3 bagian yaitu:
1. Header Blog
2. Content Blog
3. Footer Blog


1. Header Blog
pada bagian header ini berisi tentang judul blogdan deskripsi blog tersebut. Biasanya background header diisi dengan gambar-gambar agar terlihat menarik, atau dengan kata lain, header bisa mewakili seluruh tema blog yang anda miliki. Buatlah header ini semenarik mungkin, baik itu dengan kata-kata atau gambar.

2. Content Blog
Pada bagian ini berisi dua bagian lagi, yaitu:
Post Blog
Sidebar Blog

*Post Blog
pada bagian inilah tempat anda akan menulis, yaitu mulai dari judul tulisan sampai dengan isinya. Kebanyakan orang menyukai tulisan yang spesifik, yang sesuai dengan tema blognya. Misal, pada header (judul) anda tulis “Masakan Indonesia” maka tentu isinya adalah berbagai informasi tentang masak-memasak
Makanya kalau buat tulisan sesuai headernya ya.... !!! OK!!!.

*Sidebar Blog
sidebar blog berisi profil kita, atau tempat untuk menambah berbagai widget untuk blog
terkadang sidebar terdapat dikiri atau dikanan bahkan jika anda mau bisa juga dikiri dan dikanan lho...!!!, tergantung keinginan kita. Sidebar sangatlah penting, karena bagian inilah yang menentukan keindahan blog. Semakin banyak widget penting yang anda pasang, dan semakin banyak widget yang ngak penting yang anda buang, maka blog anda akan semakin indah.
Nah...., kalau kamu ingin mengetahui widget yang tidak penting, anda dapat melihat post saya yang selanjutnya........ hhhehhe...... :)

Footer blog
biasanya berisi tentang penjelasan hak cipta atau nama pembuatblog. Karena posisinya dibawah, Footer blog jarang banget dimodifikasi sama pemilik blog, sehingga jarang pula menjadi perhatian pembaca.
Sebenarnya bagian Footer ini dapat diatur, tergantung kreativitas pembuat blog. Pembuat blog bebas melakukan apapun pada bagian ini agat blog yang dimiliki semakin bagus dan indah.
Seperti menaruh ucapan “terimakasih sudah mengunjungi blog saya” atau juga bisa, pada bagian footer anda, anda masukan link-link yang menuju ke blog-blog yang lain contoh http://bimablogunik.blogspot.com/ atau http://rizki1998.blogspot.com/ atau http://labibalfaruqi24.blogspot.com/
terimakasih sudah membaca....!!! :)